Selasa, 28 Mei 2013

tehnik mengukir untuk pemula

Belajar Mengukir untuk Pemula

Ukiran kayu adalah hobi yang bisa digeluti oleh semua orang dari berbagai usia. Bagi seorang seniman ukir, sepotong kayu bisa berubah bentuk menjadi berbagai macam hal tak terbatas seusai imajinasinya. Jika anda berminat untuk belajar seni ukir kayu, berikut ini adalah hal-hal yang perlu anda ketahui.
Ada empat teknik mengukir kayu yang perlu anda ketahui. Teknik-teknik tersebut ntara lain :

-          Teknik mengerik (whittling)

Ngerik adalah tindakan meraut permukaan kayu. Ini merupakan bentuk seni ukir paling dasar. Peralatan yang diperlukan adalah sebuah pisau saku yang tajam. Obyek yang dibuat biasanya berupa balok kayu kecil seperti pada pegangan pisau, cangklong cerutu, atau oranmen-ornamen kecil lain yang terbuat dari kayu.

-          Teknik relief (relief carving)

Untuk membuat sebuah relief diperlukan sebuah bidang kayu datar yang cukup lebar. Tema ukiran bisa berupa lukisan, atau obyek-lain yang berada pada bidang 2 dimensi namun diukir menjadi lukisan 3 dimensi. Peralatan ukir yang diperlukan lebih komplek dan rumit. Ukiran relief juga sering dipasang sebagai ornament pada furniture.
relief patung

-          Teknik membubut (carving in the round)

Untuk membuat ukiran bubut, kita memerlukan sebuah alat bantu yang digunakan untuk memutar balok kayu yang akan kita bentuk. Bentuk ukir merupakan simetri putar yang mengikuti pola-pola tertentu. Bentuk ukiran yang dihasilkan lebih halus karena menggunakan putaran kayu dengan kecepatan tinggi. Ukiran bubut bisa kita temukan pada kaki-kaki mebel, pegangan pisau atau pedang, payung dan obyek lain dengan simetris putar.

1 komentar:

  1. Untuk membantu cara pengukir, kita perlu alat ukir. Silakan saja langsung mengunjungi www.alatukir.com untuk mendapatkan ragam jenis alat ukir sesuai pilihan.

    BalasHapus