Selasa, 28 Mei 2013

Tips Mengambil Foto Hitam Putih

Tips Mengambil Foto Hitam Putih Pictures
Bertemu lagi dengan kami Congkel.com, pada kesempatan kali ini kita akan membahas sedikit tentang Tips Mengambil Foto Hitam Putih yang keren dan cool abis menggunakan kamera mahal.
Fotografi merupakan suatu hal yang berkembang pesat saat ini, bisa dilihat dengan semakin banyaknya orang yang membeli dan menggunakan kamera baik untuk mengambil foto-foto iseng sampai dengan foto-foto professional.
Baiklah berikut ini Tips Mengambil Foto Hitam Putih yang keren :
Gunakan RAW
Tidak semua kamera mempunyai fasiltas untuk memotret RAW, atau mungkin tidak suka karena RAW sangat merepotkan dalam hal post processing-nya. Tetapi untuk memaksimalkan kontrol saat konversi dari warna ke hitam-putih, lebih baik gunakan RAW. Karena file RAW memiliki fleksibilitas lebih tinggi dan toleransi yang lebih baik. Tetapi cobalah sesekali menggunakan RAW.
Jangan Menggunakan Mode Hitam-Putih dalam Kamera
Potretlah dalam mode kode warna agar anda mendapatkan file berwarna maupun hitam-putih sekaligus. Namun, saat anda menggunakan mode RAW dan BW bersamaan dalam kamera, tampilan di LCD kamera tentu hitam putih, tetapi sebenarnya tidak berpengaruh pada file RAW (tetap berwarna). Terlebih jika menggunakan RAW + JPEG. Anda mendapatkan fleksibilitas ekstra.

Gunakanlah ISO Rendah
gunakan ISO terendah kecuali anda ingin mendapakan shuter speed yang tinggi, ataupun efek grain dengan sengaja. Konversi ke hitam putih akan memunculkan banyak noise dan artifak, maka lebih baik kita mulai dalam ISO rendah agar kualitas maksimal. Namun gunakanlah ISO tinggi untuk efek grain yang dramatis.

Waktu dan Moment Memotret Hitam-Putih
Kondisi kontras rendah seperti cuaca berawan bisa menjadikan foto hitam putih yang bagus, karena hampir semua tingkat spektrum bisa ditangkap kamera. Jadi waktu pemotretan ataupun moment sangatlah menentukan hasil foto anda.
Namun, jika anda memotret warna dan hasilnya kurang memuaskan, cobalah mengubahnya menjadi hitam putih.
Komposisi Target
Mengambil gambar hitam-putih, tentulah anda sudah menghilangkan unsur warna-warni. Saat memotret hitam-putih perhatikan bentuk, tekstur, pola dalam objek anda. Juga perhatikan highlight dan shadow, ini yang menjadi kunci foto hitam putih yang sukses.

2 komentar: