Selasa, 28 Mei 2013

Cara membuat cetak ukiran kayu

Cara Membuat Cetak ukiran kayu - di Lima Langkah Mudahh

Seni cetak Ukiran kayu memiliki tradisi panjang terutama di budaya Cina dan Jepang. Ukiran kayu cetak mampu dari berbagai efek dari halus, puitis, multicolor, cetakan rinci dari seniman Oriental ke, berani ekspresif, grafis, cetak hitam dan putih dari seniman Ekspresionis Jerman di awal abad kedua puluh.
Membuat ukiran kayu cetak sederhana, tidak membutuhkan bahan mahal dan bahkan dapat dilakukan tanpa mesin cetak.

Bahan yang diperlukan untuk menciptakan cetak ukiran kayu adalah sebagai berikut: 

Blok tinta cetak baik berbasis air atau minyak Kayu blok Kayu lunak seperti pinus berbasis atau linoleum Tinta rol karet woodcutting alat berbentuk V, U-berbentuk dan lurus Seni grafis bermata kertas asam bebas seni grafis kertas baik putih atau buatan tangan kertas standar dari sendok Kayu jenis atau cetak tekan sendok kayu besar dengan permukaan datar punggungnya yang lebar atau tekan etsa Putih pensil atau pensil pastel Conti

LANGKAH 1.
 Mempersiapkan Blokir

Setelah Anda memiliki balok kayu dan memotong alat Anda, Anda siap untuk memulai proses kreatif. Salah satu faktor penting untuk diingat ketika Anda mulai adalah bahwa mencetak akan menjadi mirror image dari gambar yang gua ke blok Anda. Anda harus sketsa ide Anda di atas kertas pertama, lalu lumuri blok Anda dengan lapisan tipis tinta hitam dengan menggunakan rol tinta Anda dan beberapa tinta cetak hitam. Biarkan tinta kering dan kemudian mengambil gambar Anda pada pelat dengan pensil putih atau pena tinta putih. Lapisan tinta hitam pada blok akan membuat gambar Anda lebih terlihat saat Anda ukiran gambar ke blok.

LANGKAH 2.
 Ukiran Image

Menggunakan alat ukiran Anda, mengukir gambar ke dalam kayu. Jika Anda ingin gambar ekspresif, kemudian memotong dan mengukir kayu agresif menggunakan pemotong yang luas mengambil dan don t khawatir tentang rincian dan, sebaliknya, jika Anda ingin gambar rinci lebih realistis menggunakan alat berbentuk V lebih kecil, perlahan-lahan dan hati-hati memotong Anda gambar ke blok.

LANGKAH 3.
 Pemeriksaan Image

Pada setiap titik selama proses ukiran Anda dapat membuat bukti gambar Anda sehingga Anda bisa mengevaluasi cara pr8int Anda akan terlihat dan agar Anda dapat menyesuaikan proses Anda jika perlu. Anda harus menyadari bahwa pemeriksaan akan membuat daerah diukir lebih ringan dari blok gelap Anda ketika Anda membersihkan blok Anda setelah pemeriksaan. Hal ini mungkin sesuatu yang tidak Anda inginkan karena akan mengubah cara Anda memvisualisasikan gambar Anda di blok.

LANGKAH 4.
 Tinta Blokir

Ok, Anda telah diukir gambar Anda dan terlihat awesome! Anda sekarang siap untuk mencetak karya Anda. Menekan tinta ke permukaan datar yang halus, non-penyerap seperti kaca, dan menggunakan rol Anda, menggelar lapisan yang sangat tipis tinta. Jangan gunakan kembali dan sebagainya gerak dengan roller; roll tinta seseorang mengatakan, mengangkat roller dan roll dengan cara yang sama berulang kali sampai Anda memiliki lapisan tipis tinta pada rol Anda. Beberapa lapisan tinta tipis adalah apa yang anda perjuangkan di blok Anda. Terlalu banyak tinta di blok itu akan meluap ke daerah-daerah luar diukir dan gambar Anda tidak akan mencetak dengan benar, dan sebaliknya, terlalu sedikit tinta di blok Anda akan membuat cetak kotor dan tepi gambar Anda tidak akan tajam dan jernih. Anda harus bereksperimen melalui trial and error untuk menemukan teknik tinta yang tepat.

LANGKAH 5.
 Mencetak Blokir

Jika Anda memiliki akses ke sebuah percetakan, ini adalah cara terbaik dan termudah untuk mencetak blok anda. Tinta piring Anda, letakkan di tekan, tutup blok dengan kertas cetak Anda menutupi kertas dengan selimut pers, mengatur tekanan roller dan secara perlahan blok melalui pers. Hati-hati angkat kertas dari blok dan di sana Anda memilikinya, woodblock karya cetak Anda. Sisihkan di tempat yang aman untuk kering. Batasi edisi sekitar 50 liter karena kualitas gambar akan memburuk setelah sekitar yang mencetak banyak. Jika Anda tidak memiliki akses ke mesin cetak, Anda dapat menggunakan sendok kayu atau alat serupa untuk membuat cetak Anda. Tinta blok Anda, tempatkan kertas Anda di atas blok Anda dan menggunakan permukaan kayu datar, kertas gosok terhadap blok dalam gerakan melingkar konsisten sampai Anda merasa tinta telah ditransfer ke kertas. Jika ragu, mengupas kertas di salah satu sudut dan hakim teknik Anda dan melakukan penyesuaian tekanan jika diperlukan. Jelas, efektivitas teknik ini lebih cocok untuk mencetak blok yang lebih kecil.

2 komentar:

  1. kira2 ketebalan print pertama dan berikut nya akan berbeda atau tidak pada kualitas nya..

    BalasHapus
  2. Untuk mengukir kita perlu alat ukir kayu. Nah, Anda bisa kunjungi www.alatukir.com

    BalasHapus